blogkombecks
Sedang memuat...

Tiga Zaman Tiga Puncak Berbeda Menghiasi Jam Gadang

Tiga Puncak Jam Gadang di Tiga Zaman Berbeda | Foto: Pemko Bukittingi
 Saat ini tidak ada yang tidak kenal dengan nama Jam Gadang. Ketika ada orang menyebut nama ini langsung terlintas dipikiran tentang Bukittinggi, kota bersejarah yang terletak di Sumatera Barat. Ya, Jam Gadang sudah menjadi landmark Bukittinggi dan juga Sumatera Barat.

Jam Gadang didirikan pada tahun 1926 sebagai hadiah dari ratu Belanda kepada controleur atau Sekretaris Kota Bukittinggi pada saat itu, Rook Maker. Berbagai misteri menyelimuti jam yang berbentuk tower ini. Mulai dari misteri angka empat romawi yang tidak pada umumnya dibalut dengan segala mitos yang disampaikan dari mulut-kemulut hingga menyangkut asal-usul dan keberadaan kembarannya didunia.

Namun ada hal lain yang juga menarik dari jam yang kini menjadi saksi bisu tiga zaman itu. Awalnya ketika dibangun, puncak Jam Gadang ini berbentuk kubah dan diatasnya berdiri patung ayam jantan yang sangat megah. Puncak ini bertahan hingga datangnya pasukan Jepang.

Saat Indonesia dikuasai Jepang, puncak Jam Gadang pun diubah mengikuti pemerintahan saat itu. Jepang mengubahnya menjadi berbentuk kelenteng khas negeri mereka. Namun puncak ini tak bertahan lama menyusul singkatnya penjajahan Jepang.

Ketika Jepang menyerah kepada sekutu dan Indonesia menyatakan kemerdekaan. Sebuah babak baru dari sejarah Jam Gadang kembali dimulai. Puncak Jam Gadang pun diganti dengan gonjong khas Minangkabau. Jam Gadang inilah yang saat ini umum dikenal oleh banyak orang.

Selain mengalami pergantian pada bagian puncak, bagian tower Jam Gadang yang juga mengalami perubahan adalah bagian bawahnya yang sempat beberapa kali direnovasi. Sementara towernya tidak mengalami perubahan sejak pertama didirikan.
Sejarah 3097980845847577428

Beranda item

ADS

Artikel Terbaru

ADS

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!

Ikuti Lewat Email

Ads

Mau Hosting Gratis?
Kapasitas besar, bisa PHP, Lengkap dengan cpanel, auto installer dengan CMS Favorit?
Hosting gratis tanpa iklan !!!